Buku “Strategy of Guerrilla Warfare” – By: Ombung

Tahukah anda jika buku berjudul “Strategy of Guerrilla Warfare” karangan Jenderal Besar Abdul Haris Nasution itu betul-betul luar biasa dampaknya? Salah satunya adalah ketika terjadi perang Vietnam (1957 – 1975). Perang selama 18 tahun itu telah membuat tentara Amerika Serikat (AS) yang notabene sangat kuat pada Perang Dunia (PD) ke-2 dibuat kalang kabut oleh tentara Vietnam Utara (NVA) dan milisi Vietcong (VC). Meski ditunjang dengan teknologi persenjataan yang super canggih saat itu, yaitu dengan penggunaan rudal air-to-air, namun tentara Amerika Serikat benar-benar dibuat tak berdaya oleh NVA dan VC yang menerapkan “Taktik Gerilya”.

Perang Vietnam adalah perang terlama yang pernah dialami oleh Amerika Serikat. Selain banyak menelan korban jiwa (58.226 orang), perang Vietnam juga banyak memakan dana yang sangat besar (150 milyar dolar) di pihak AS. Akhirnya gelombang protes untuk menarik mundur pasukan AS dari Vietnam pecah di negeri Paman Sam tersebut. Dan pada tahun 1975 akhirnya AS benar-benar menarik mundur pasukannya dari bumi Vietnam. Pada perang ini tercatat 58.226 orang meninggal dan 304.000 luka-luka di pihak Amerika serikat.
Lantas apa hubungannya buku karangan A.H. Nasution dengan perang Vietnam? Yang jelas memang ada kaitannya. Ternyata, Ho Chi Minh, selaku Pemimpin Besar Vietnam Utara tersebut belajar menggunakan Taktik Perang Gerilya dari buku karangan A.H. Nasution ini. Luar biasa bukan?

Saat ini buku berjudul “Strategy of Guerrilla Warfare” karangan Abdul Haris Nasution telah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Selain itu juga, buku ini merupakan buku wajib akademi militer di sejumlah negara, termasuk sekolah elite bagi militer dunia di Amerika Serikat, West Point. Jadi kira-kira di zaman sekarang ini, ada tidak putra bangsa yang sanggup memberikan kontribusi bagi dunia dalam bidang apapun seperti contohnya yang pernah dilakukan oleh Jenderal Besar Abdul Haris Nasution dalam bidang kemiliteran?


Ralat:
Untuk judul buku karangan Abdul Haris Nasution adalah "FUNDAMENTALS of Guerilla Warfare" jadi bukan “Strategy of Guerrilla Warfare” dan berikut ini Ombung cantumkan cover dari buku tersebut!

FUNDAMENTALS of Guerilla Warfare - idegokil.blogspot.com

Demikian, atas kesalahan ini Ombung mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih...

Artikel Terkait

11 komentar:

  1. kita do'akan aja kawan, generasi sekarang jg mampu berkiprah dan ada kontribusinya untuk pertiwi di dunia luar......semoga

    BalasHapus
  2. hidup para pahlawan kita (tapi ngeri juga kalo hidup lagi, udah ah mending aku kabur,duuuu)

    BalasHapus
  3. para pahlawan sejati perlu kita tiru, kalau sekarang,,aduh petinggi2 negara pada korup semua, tidak melanjutkan perjuangan pahlawan dahulu..

    BalasHapus
  4. wajar klo bliau dapet 5 bintang..

    BalasHapus
  5. wah..keren tuh info buku nha...
    daped info2 kae gitu biasanya dari mana....

    :D

    BalasHapus
  6. Bnr tuh pa isi buku tsb kita mesti pande membuat taktik and strategi yg jitu dlm berkompetisi.

    Keren deh bukunya, ntr cari di perpus kampus akh...

    BalasHapus
  7. ada info nyari bukunya dimana ga.?? gw udah search tapi lum dapet2

    BalasHapus
  8. Ternyata ada juga buku karangan putra bangsayang cukup berpengaruh.

    BalasHapus
  9. indonesia memang moyangnya gerilya modern

    BalasHapus
  10. Judul yang benar adalah "Fundamentals of Guerrilla Warfare". Lihat ttp://tbelfield.wordpress.com/2008/05/27/jakarta-nasution-fundamentals-of-guerrilla-war-the-cia/ . Thx.

    BalasHapus
  11. untuk buku tersebut apakah ada yang dijual ya?

    BalasHapus